Cara Mengatasi Handphone Android Lemot

Seiring berjalannya waktu dan lamanya pemakaian, handphone android tentunya bisa mengalami penurunan kinerja.
Salah satu yang dirasakan oleh banyak pengguna yaitu hp android semakin hari semakin lemot. Jika hp android Anda lemot maka Anda akan mencicipi ketidaknyamanan ketika menggunakannya menyerupai lambat dalam membuka aplikasi, lambat ketika melaksanakan perpindahan antar layar, dan lain sebagainya.
Banyak faktor yang bisa menjadikan handphone android menjadi lemot.
Untuk itu biar handphone android kembali normal, maka harus diketahui dulu penyebabnya. Berikut ini tips mengatasi handphone android lemot yang sanggup Anda lakukan :
Handphone android lemot lantaran RAM penuh
Banyaknya aplikasi yang Anda install sanggup menjadikan RAM android Anda menjadi penuh sehingga menjadikan kinerja android menjadi lamot. Untuk mengatasinya, hapus atau uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak penting dan jarang Anda gunakan. Jika aplikasi yang tidak Anda perlukan yaitu aplikasi bawaan yang tidak sanggup di uninstall, sebaiknya dinonakrtifkan saja.
Handphone android lemot lantaran memory internal penuh
Banyaknya file yang tersimpan didalam memory internal juga sanggup menjadikan kinerja android menjadi lemot. Untuk mengatasinya, gunakan memory external (kartu microSD) sesuai ketentuan yang ditetapkan perangkat Anda. Pindahkan semua file yang ada di memori internal ke memory external. Jika memory external maupun internal penuh, maka sebaiknya Anda menghapus file-file yang sudah tidak penting atau tidak lagi Anda butuhkan.
Handphone android lemot lantaran banyaknya data cache
Sebenarnya data cache yaitu data dari aplikasi yang telah dibuka dan tersimpan di ruang penyimpanan internal. Data cache ini sangat mempunyai kegunaan yaitu untuk mempercepat proses membuka kembali aplikasi yang telah dibuka sebelumnya, namun ketika kapasitas data cache sudah terlalu besar tersimpan di memory internal, maka hal ini akan menciptakan kinerja handphone android Anda menjadi lemot. Untuk mengatasinya, maka Anda perlu membersihkan data cache dari semua aplikasi yang Anda buka. Sebaiknya jangan memakai aplikasi pembersih cache atau sejenisnya, bersihkan data cache eksklusif dari aplikasinya melalui sajian pengaturan.
Jika sehabis Anda melaksanakan langkah-langkah diatas namun handphone android Anda tetap lemot, maka langkah terakhir yang harus Anda lakukan yaitu melaksanakan Factory Reset atau hard reset. Dengan melaksanakan hard reset maka seluruh aplikasi yang bukan bawaan atau aplikasi yang Anda install akan hilang dan hp android Anda akan kembali ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik sehingga terlihat menyerupai gres pertama kali membelinya. Sebelum Anda melaksanakan hard reset, sebaiknya backup dulu data-data penting Anda ke kawasan lain menyerupai ke google drive.
Demikian Cara Mengatasi Handphone Android Lemot yang sanggup Anda lakukan. Sekarang handphone Anda kembali berjalan normal dan tidak lemot lagi. Jika memang usia handphone android Anda sudah terlalu tua, maka yang harus Anda lakukan yaitu mengganti handphone, lantaran kemungkinan hardware handphone telah banyak yang rusak. Semoga bermanfaat